Resepi Ikan Pari Bakar Portugis Khas Malaysia
Resepi Ikan Pari Bakar Portugis Khas Malaysia

Resepi Ikan Pari Bakar Portugis Khas Malaysia

Posted on

Sebagian dari mereka yang sudah sering mengkonsumsinya, tentu saja akan memberikan lampu hijau untuk konsumsi pari. Tapi ternyata sekelompok besar masyarakat di belahan dunia yang lain belum berani mencoba menikmati masakan berbahan ikan pari. Beberapa alasan mendasar membuat mereka ragu, padahal ikan ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Mereka yang tinggal di belahan bumi bagian barat, mengutamakan kualitas bahan makanan yang “aman” untuk di konsumsi.

Resepi Ikan Pari Bakar Portugis Khas Malaysia
Resepi Ikan Pari Bakar Portugis Khas Malaysia

Sejak meninggalnya seorang pecinta binatang terkenal karena sengatan ikan pari, mereka meragukan bahwa ikan tersebut aman di konsumsi. Racun di bagian ekor ikan pari memang menjadi senjata pertahanan dari serangan predator. Maka dari itu, olahan pangan dengan daging ikan pari menjadi salah satu olahan eksotis, sama halnya seperti sup sirip ikan hiu. Menu ikan pari hanya bisa di temukan di beberapa restoran kelas atas saja. Karena tidak begitu banyak yang mendetailkan bagaimana cara membersihkan dan mengolah yang benar, banyak yang menganggap ikan pari memang bukan untuk konsumsi umum.

Bahan Resepi Ikan Pari Bakar Paling Sedap :

  • 4 helai daun limau purut
  • 3 keping ikan pari, setiap satu panjang kurang lebih 1 jengkal
  • 3 camca besar minyak bawang putih dan 4 ulas bawang putih di cincang halus dan goreng dengan 1/3 cawan minyak masak hingga bawang putih harum dan perang, tapis dan sejukkan
  • 1 kuntum bunga kantan di hiris halus
  • 3/4 camca besar pes asam jawa
  • Daun pisang secukupnya, layur atas api hingga lembut, agar mudah di gunakan
  • Limau kasturi secukupnya
  • Hirisan cili padi untuk hiasan
  • Aluminium foil

Resepi Sambal Ikan Pari Bakar Di Kisar :

  • 6 biji bawang merah
  • 3 biji buah keras
  • 3 keping hirisan lengkuas
  • 3 batang serai di hiris
  • 2 ulas bawang putih
  • 1 kuntum bunga kantan di hiris
  • 1/2 inci belacan

Cara Membuat Resepi Ikan Pari Bakar Sedap :

  1. Panaskan minyak dalam kuali
  2. Tumis bahan2 kisar hancur tadi hingga harum
  3. Masukkan pes asam jawa dan kacau rata.
  4. Masak hingga naik minyak, guna api kecil dan kacau sentiasa.
  5. Tambah garam dan gula dan masak hingga sambal pekat.
  6. Masukkan 2 helai daun limau purut, 2 helai lagi di mayang halus
  7. Masak sekejap, rasa dan jika ok boleh matikan api.
  8. Biar sambal sejuk sebelum di gunakan.
  9. Ikan pari di bersihkan dan perap dengan jus limau kasturi selama 10 minit, kemudian cuci bersih dan toskan.
  10. Untuk bakar ikan che mat guna 2 helai daun pisang yang telah di potong 4 persegi.
  11. Pastikan saiz potongan lebih besar dari panjang ikan tadi, kita mula membungkus.
  12. Ambil 2 helai aluminium foil dan lapiskan.
  13. Ceduk 1/6 bahagian sambal dan ratakan atas daun pisang.
  14. Letak sekeping ikan pari, tuang sedikit minyak bawang putih dan ratakan.
  15. Cedok lagi sambal dan lumur atas ikan tadi.
  16. Tabur dengan hirisan bunga kantan dan hirisan daun limau purut.
  17. Bungkus ikan tadi dan kemaskan.
  18. Buat kaedah sama untuk baki ikan dan bahan2 lain hingga siap.
  19. Panaskan oven atau che mat guna kuali pemanggang ajaib.
  20. Bakar ikan tadi selama 7 sampai 10 minit untuk setiap bahagian, atau hingga masak.
  21. Tabur hirisan cili padi dan hidangkan bersama belahan limau kasturi

Tambahan :

Ikan pari mulai populer di eropa pada awal tahun 2000, ketika ada topik pembahasan hangat tentang alternatif pengganti kerang. Beberapa sumber menyebutkan bahwa daging ikan pari memiliki citarasa yang lebih kaya di bandingkan dengan kerang. Hasilnya, banyak orang mulai berburu ikan pari di perairan laut negaranya masing masing. Di beberapa negara bagian, ikan pari mulai di jadikan bahan pangan karena sudah menjadi hama.

Para pemilik restoran hasil laut dan nelayan di buat gelisah dengan banyaknya ikan pari yang menyerbu peternakan kerang. Hasil panen kerang pun menurun, begitu pula dengan pergerakan ekonomi di pesisir pantai tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, maka ikan pari mulai di jaring dan di masukkan ke dalam menu restoran. Negara di benua asia telah mengkonsumsi ikan pari sejak beratus tahun yang lalu. Selain karena rasanya yang lezat, jenis ikan ini juga mudah di tangkap di beberapa perairan: air asin, air payau dan air tawar. Ikan pari di percaya memiliki berbagai kandungan nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, pari dan golongan ikan laut lainnya mengandung lemak hdl yang akan melawan lemak ldl dalam tubuh.

Mereka yang ingin membentuk otot pun di sarankan mengkonsumsi ikan bertubuh tipis ini agar mendapat asupan protein tinggi. Ikatan protein pada daging ikan pari cukup pendek, sehingga mempercepat proses pencernaan, terutama di usus halus. Ada juga omega 3, yang membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Ikan pari termasuk golongan predator, sehingga sistem pencernaannya menjadi tempat penumpukan merkuri yang masuk dalam tubuh ikan kecil. Dari merkuri inilah, berbagai penyakit mulai bermunculan. Ada juga yang beranggapan bahwa ikan pari yang di tangkap di daerah air laut dalam mengandung jumlah merkuri yang lebih sedikit di bandingkan tuna dan salmon.

Kepopulerannya yang semakin meningkat juga membawa lain ancaman bagi spesies ikan pari. Jumlah kawanannya semakin menurun setiap tahun. Para nelayan di anjurkan untuk tidak menangkap ikan ini secara berlebihan agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Keputusan untuk menikmati atau menolak konsumsi kuliner di pengaruhi oleh banyak hal. Bagi beberapa orang, gambaran dari bahan dasar kuliner itu sendiri memberikan pengaruh yang cukup besar. Untuk sebagian yang lain, nutrisi dan manfaat adalah pertimbangan utama. Pada akhirnya, jawaban untuk pertanyaan “bolehkah makan ikan pari” ini kembali pada pribadi masing masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat e-mel anda tidak akan disiarkan. Medan diperlukan ditanda dengan *