Resepi Kek Butter Cheese Sukatan Cawan Kukus Sedap
Resepi Kek Butter Cheese Sukatan Cawan Kukus Sedap

Resepi Kek Butter Cheese Sukatan Cawan Kukus Sedap

Posted on

Keju yang berbahan dasar susu memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh seperti kandungan protein dalam keju berkisar 10 sampai 30 %. Protein ini di dapatkan dari kasein yang di modifikasi. Sementara lemak memberikan rasa dan tekstur yang unik pada keju. Kandungan lemak pada keju berbeda beda dari satu jenis dengan jenis keju lainnya. Keju segar memiliki 12 % kandungan lemak sedangkan kandungan lemak pada keju yang sudah di matangkan berkisar 40 sampai 50 %.

Resepi Kek Butter Cheese Sukatan Cawan Kukus Sedap
Resepi Kek Butter Cheese Sukatan Cawan Kukus Sedap

Begitu pula dengan kandungan mineral dalam keju sangatlah banyak seperti fosfor, kalsium, seng, dan sodium. Sementara kandungan vitamin yang terdapat dalam keju seperti vitamin a dan vitamin d yang larut dalam lemak cukup tinggi, terutama dalam keju dadih. Hanya sekitar seperempat dari riboflavin atau vitamin b 12 dan seperenam dari tiamina (vitamin b 1) yang tertinggal pada keju cheddar. Sedangkan niasin, vitamin b6, vitamin b12, biotin, asam pantothenic, dan asam folat terbawa bersama air dadih.

Bahan Resepi Kek Cheese Kukus :

  • 220 gram butter
  • 7 sudu besar gula pasir
  • 4 biji telur
  • 3 sudu besar keju krim
  • 3 sudu besar minuman yogurt
  • 2 cawan tepung gandum
  • 2 sudu teh serbuk penaik
  • 1 sudu teh serbuk soda bikarbonat

Cara Membuat Resepi Kek Keju Kukus :

  1. Pukul butter, telur, keju, minuman yogurt dan gula sampai gula betul betul larut dan bancuhan jadi kembang.
  2. Masukkan tepung, serbuk penaik dan soda bikarbonat, dan gaul hingga betul betul rata.
  3. Tuangkan adunan ke dalam bekas acuan kek.
  4. Cucuk dengan garpu untuk elakkan udara terkumpul di sesetengah tempat.
  5. Biarkan adunan sementara mendidihkan air dalam pengukus.
  6. Ketika air telah mendidih, stimkan adunan kek pada suhu tinggi sekitar 15 sampai 20 minit.
  7. Kek akan cukup naik, perlahankan api ke tahap minimum, kukuskan lagi selama 35 minit.
  8. Keluarkan kek dari pengukus, dan biarkan sejuk selama 20 sampai 30 minit, baru boleh keluarkan dan potong.
  9. Hidangkan.

Tambahan :

Manfaat lain keju selain baik untuk kecantikan, keju bagus di konsumsi untuk menjaga kesehatan. Keju yang memiliki rasa asin, gurih, dan legit yang terbuat dari fermentasi susu sangat di sukai banyak orang. Keju di hasilkan dengan memisahkan zat zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Enzim / bakteri tertentu yang bernama rennet di perlukan untuk membantu proses ini. Dari proses itu nantinya di keringkan, di proses, dan di awetkan dengan berbagai macam cara. Produk keju juga bermacam jenis yang di tentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, proses pematangan keju sampai metode pengawetan kejunya.

Dengan kandungan yang begitu banyak, tidak heran keju sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Terutama sebagai sumber energi dan protein yang bagus untuk pertumbuhan dan mengganti sel sel tubuh yang rosak. Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium yang terdapat pada keju mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah karies gigi. Selain itu kalsium dalam keju juga dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengawal berat badan jika di konsumsi tidak berlebihan di ikuti dengan diet rendah kalori.

Keju mengandungi konjugasi asam linoleic dan sphingolipids yang mencegah banyak pesakit seperti kanser. Selain itu keju meningkatkan kualitas darah, menguatkan hati, dan membuat penyerapan nutrisi tubuh lebih baik. Fakta mengatakan bahawa orang yang mengonsumsi dua potong keju sekitar 56 gram sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe ll sebanyak 12 %. Ramai yang percaya bahwa penurunan risiko diabetes ini berkaitan dengan bakteri probiotik dalam produk keju dan yoghurt.

Kandungan alami dalam keju seperti mineral, protein, vitamin a, vitamin d, dan vitamin k di kenal sangat baik untuk kecantikan. Keju sangat ampuh membantu menyamarkan lingkaran hitam pada mata karena mengandung zat antikanser yang membantu mengencangkan kulit kendur. Dengan rutin melakukan perawatan keju, kantung mata yang membengkak juga bisa di hilangkan, caranya cukup simpel hanya dengan makan langsung keju setiap hari. Namun tidak sekali makan saja masalah mata panda hilang, tetapi tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyamarkan mata panda.

Selain di makan langsung keju pun dapat di gunakan sebagai masker wajah. Hanya dengan melelehkan sekitar 50 gram keju menggunakan api kecil, lalu diamkan sejenak hingga dingin. Sebelum mengoleskan keju, pastikan wajah sudah di bersihkan dengan sabun pembersih bengkuang, lalu istirahatkan mata sejenak dengan menggunakan mentimun yang di tempelkan di kedua mata selama 5 minit. Kemudian oleskan keju yang telah di lelehkan pada area mata. Selanjutnya tutup area mata dengan mentimun lalu diamkan selama 15 sampai 20 minit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori pori wajah sekaligus mengangkat keju yang menempel. Lalu lanjutkan dengan air dingin agar pori pori kembali menutup dan wajah terasa lebih segar. Lakukan perawatan dengan masker keju ini secara rutin setiap hari sebelum tidur di malam hari, atau minimal dua kali dalam seminggu. Beristirahatlah yang cukup agar perawatan yang di lakukan tidak percuma dan perawatan ini memang memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 sampai 6 bulan.

Meski keju sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan, namun sebaiknya bagi penderita hipertensi, stroke, dan penyakit jantung membatasi konsumsi keju. Pasalnya, kandungan natrium di dalam keju cukup tinggi. Apabila di konsumsi terlalu banyak keju bisa menyebabkan kenaikan berat badan kerana kandungan lemak di dalamnya mencapai 50 %.

Tinggalkan Balasan

Alamat e-mel anda tidak akan disiarkan. Medan diperlukan ditanda dengan *